IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN KELAS XII IPA 1 SMAN 1 BATANGHARI

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan dan tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal, peran pendidik sangat penting dan memiliki cara/model mengajar yang baik dan tepat serta sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruhnya setelah diterapkannya metode pembelajaran discovery terhadap peningkatan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Batanghari dengan jumlah 30 orang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari analisis hasil penelitian didapatkan bahwa prestasi maupun motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah metode discovery (penemuan) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan pada siswa XII IPA 1 SMAN 1 Batanghari, serta menjadi salah satu alternative metode pembelajaran Biologi yang baik.