PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MELALUI PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VI SD Negeri 32 Prabumulih dalam memahami materi Operasi Hitung Pecahan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media Video Animasi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 (dua) siklus yang setiap siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas VI SD Negeri 32 prabumulih. Data kemampuan peserta didik dalam memahami operasi hitung pecahan dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai post test pada siklus pertama adalah 70,24dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 67%. Pada siklus kedua diperoleh rata-rata nilai post test adalah 83,57 dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 86%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media video animasi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung pecahan.