UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITISMATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN (DISCOVERY LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 2 SEMESTER GANJIL SMAN 1 BODEH TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Abstract

Tujuan penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Discovery Learning  adalah siswa diharapkan mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi Pembelahan sel. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bodeh di kelas XII Mipa 2 Semester Gasal tahun ajaran 2019//2020subyek berjumlah 32 siswa, melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,  observasi  dan  refleksi  dengan  menggunakan  model  pembelajaran Discovery Learning. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kemampuan awal siswa dan hasil belajar, dan lembar observasi digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa.Pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa.