UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMATIK REALISTIK SISWA KELAS DI KELAS IV SD NEGERI 34 SUNGAI BELIDAK

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika tematik realistik siswa kelas di kelas IV dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) data diperoleh melalui observasi, dokumentasi yang berupa tugas-tugas siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif. Keberhasilan yang dicapai siswa dalam penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan dalam tindak belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui Pembelajaran Realistik. Hasil belajar kognitif pada pra tindakan menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa (20%) telah mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 8 siswa (54,30%) dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (80%). Hasil rata-rata sikap siklus I mencapai 59,30% sedangkan siklus II diperoleh hasil rata-rata sikap sebesar 79,5%. Dengan demikian, Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 34 Sungai Belidak