PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI C MIN 6 SUKOHARJO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya siswa kelas VI C  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Sukoharjo pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, dalam setiap siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi untuk mengamati aktifitas guru,  aktitas peserta didik,dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar IPA pada awal sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada kondisi awal 64,71 menjadi 72,50 dan77,,47 pada pertemuan ke-1-2 siklus I, 77,94,dan 85,94 pada pertemuan ke1-2 siklus II. Dilihat dari siswa yang tuntas KKM, pada kondisi awal 10 siswa atau 31,25% meningkat menjadi 23 siswa atau 71,87,% ,27 atau 84,37% pertemuan ke-1 siklus II ,meningkat lagi menjadi 28 atau 87,50% pada pertemuan ke-1 siklus II dan 30 siswa atau 93,75% pada pertemuan ke-2 siklus II. Secara kualitatif kemampuan  peserta didik dalam memahami Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya meningkat dari kualifikasi rendah sedang  tinggi Dari hasil penelitian tersebut nampak bahwa terjadi proses peningkatan prestasi belajar siswa dari sebelum tindakan, setelah tindakan siklus I maupun siklus II melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division. siswa kelas VI C  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Sukoharjo pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020