PENERAPAN BELAJAR DENGAN PEJAM MATA BEBERAPA DETIK UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN RUMUS PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

Pembelajaran dengan pejam mata beberapa detik membuat peserta didik tertarik dan termotivasi untuk menghafal, hal ini dimungkinkan karena mereka merasakan hal baru dalam belajar seperti ini.  Peserta didik merasa diperhatikan lebih dan bisa berkonsentrasi karena semua peserta didik mendapat perintah yang sama.  Ketika perintah pejam mata (tahap ketiga) diharapkan semua peserta didik melaksanakannya, apabila belum semua, masih diberi kesempatan dengan cepat untuk bisa mengikuti, baru dilaksanakan tahap keempat.  Suasana hening dan sepi membuat peserta didik tenang berakibat konsentrasi, dimanfaatkan oleh guru untuk membacakan rumus yang dimaksud dalam materi. Kelebihan pembelajaran dengan pejam mata beberapa detik adalah:  (1) sangat sederhana karena tidak membutuhkan media atau sarana yang sulit; (2) murah, tidak membutuhkan biaya yang mahal; (3) efektif, (4) singkat.  Sedangkan kelemahan yang dirasakan selama ini adalah masih ada beberapa siswa yang kurang serius ketika memejam mata, sehingga ketika dites ingatan masih belum hafal. ). Hasil dengan metode pejam mata terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP N 16 Batam yang diuji dengan menggunakan product moment sebesar 0,515 atau sekitar 26,52% yang tergolong cukup kuat.