UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU DI KELAS II SD NEGERI 182/1 HUTAN LINDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa melalui model dua tinggal dua tamu pada siswa kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung,yang berlatar belakang masih banyak siswa kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung belum mampu melakukan kerjasama yang baik. . Dalam pembelajaran siswa cenderung belajar secara mandiri tanpa melakukan diskusi ataupun melakukan tanya jawab bersama dengan siswa lain.Khususnya Pelajaran IPA yang semestinya sangat memerlukan kerja sama dalam belajar untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin.Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Berdasarkan lembar observasi kerjasama siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I pertemuan I terdapat 9 orang siswa dan pada pertemuan II terdapat 12 orang siswa yang mampu melakukan kerjasama pada siklus I. Kemudian pada siklus II meningkat pada pertemuan I terdapat 13 orang siswa dan pada pertemuan II terdapat 16 orang siswa yang mampu melakukan kerjasama pada siklus II. Tingkat keberhasilan mencapai 88.89 % dengan kwalifikasi Sangat Baik (SB).Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA di kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung.