PENGEMBANGAN APLIKASI SAKPORE DI SMK NEGERI 2 PEKALONGAN
Abstract
Sakpore adalah Sistem Aplikasi Kewirausahaan Prospektif dengan Orientasi Revolusi 4.0, sakpore merupakan startup sekaligus wahana pembelajaran peserta didik berupa perniagaan daring yang bergerak dibidang kuliner, jejamu dan keperluan rumah tangga di SMK Negeri 2 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Sistem Aplikasi Kewirausahaan Prospektif dengan Orientasi Revolusi 4.0 (Sakpore) guna Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Wirausaha Peserta Didik Kelas XI PSPT SMK Negeri 2 Pekalongan pada materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Kevalidan Aplikasi SAKPORE dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna yaitu guru dan peserta didik, diperoleh skor rata-rata 54,00 dan masuk dalam kategori sangat layak. Keefektifan media pembelajaran dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest dan posttest aspek keterampilan pada Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Hasil Belajar mengalami peningkatan baik pada uji terbatas dan uji luas, yaitu dari rata-rata 73.37 menjadi rata-rata 80.68, sehingga dapat disimpulkan Aplikasi Sakpore berbasis Android sangat layak dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.