EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP GROUP (WAG) PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Covid-19 telah merubah sistem pembelajaran yang selama ini berlangusng secara konvensional dengan cara belajar di kelas, kemudian beralih pada pembelajaran daring. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di satuan pendidikan kemudian berpindah menjadi belajar dari rumah. Whatsapp sebagai salah satu media pembelajaran online sangat familier dan sering digunakan oleh peserta didik dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penggunaan whatsapp dalam pembelajaran karena aplikasi ini sangat sederhana dan menyajikan beberapa fitur yang menarik serta mudah pengoperasiannya sehingga peserta didik dapat dengan mudah belajar menggunakan aplikasi whatsapp. Selain itu, orang tua dapat terlibat dalam pemantauan belajar putra putrinya di rumah . Penggunaan aplikasi whatsapp dapat dilakukan dengan membuat group. Whatsapp Group (WAG) dapat dijadikan sebagai wadah komunikasi dan interaksi guru dengan peserta didik maupun antar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Penelitian pustaka adalah kegiatan yang meliputi mencari, membaca, dan menelaah laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang memuat teori-teori yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Harapan dari study literatur ini mampu menunjukan efektifitas penggunaan WAG pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19.