PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN DARING IPA DI MTs. NEGERI 1 OKU TIMUR
Abstract
Pembelajaran daring disarankan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif khususnya pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi peserta didik ketika sedang belajar di rumah. Pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis video dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA merupakan suatu pemanfaatan teknologi pembelajaran sesuai perkembangan zaman dengan upaya untuk meningkatkkan mutu pendidikan. Best practice disusun dengan tujuan untuk mengetahui manfaat media pembelajaran yang berbasis video sebagai alterntif dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VIII MTs.Negeri 1 OKU Timur . Praktek terbaik dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yaitu mulai bulan Juli sampai dengan Nopember. Karya Tulis Ilmiah ini menggambarkan tentang peningkatan minat dan motivasi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis video sebagai alternatif pada pembelajaran daring IPA. dan peningkatan nilai rata-rata peserta didik. Adapun subyek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII.1 sampai dengan VIII.7, dengan membawa perubahan yang signifikan, yaitu sebelum menggunakan video hanya 21,4% atau 48 siswa dengan memanfaatkan media yang berbasis video minat dan motivasi peserta didik meningkat menjadi 79,5% atau 178 siswa, mengalami peningkatan sebesar 58,1%. Berdasarkan minat dan motivasi belajar ternyata terdapat perubahan didalam nilai rata-rata peserta didik yaitu pada Bab I hanya dengan nilai rata-rata 52 dan terus mengalami peningkatan hingga bab VI mencapai angka 82.