PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARING GOOGLE CLASSROOM , GOOGLE MEET DAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SAAT PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 1 CANDIROTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran daring melalui media Google Classroom, Google Meet, Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XII IPS2 SMA N 1 Candiroto sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajara dilakukan secara terpisah atau siswa berada dirumah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 57,9% dengan katagori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa aktif 74,7 % dengan katagori tinggi. Jadi dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa 16,8%. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa media Google Classroom, Google Meet dan Instagram dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring pada masa pencegahan penyebaran Covid-19 mata pelajaran PPKn.