PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS MASA PANDEMI COVID 19

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan pendekatan analisa deskriptif untuk memberikan informasi data yang diamati agar bermakna dan komunikatif. Bedasarkan hasil analisis data kuantitatif dari pembelajaran pada Pelatihan kepemimpinan Pengawas yang dselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka Barat bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pelaksanaan pembelajaran daring Distence Learning dan e learning dengan bimbingan Host/PIC dan Widyaiswara. Peserta melaksanakan pembelajaran daring dan berinteraksi dengan Widyaiswara menggunakan beberapa aplikasi seperti Google Classroom, Zoom, Google Meet dan Whatsapp Group. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar dan kreativitas peserta pada masa COVID-19. Responden berjumlah 40 peserta dari pejabat pengawas Kabuapten Bangka Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan kreativitas Peserta, Pengaruh tersebut dikarenakan terganggunya signal, sehingga ada beberapa yang telat absen dalam sistem, sestem error dan terlihat adanya peserta yang mengantuk. Selain itu terdapat beberapa peserta yang tidak terekam nama /email, namanya lebih dari satu kali, pada saat pre test dan post test. Dan hasil paparan tugas diskusi kelompok terdapat beragam metode yang dihasilkan peserta dan hanya satu kelompok yang menerapkan contoh. Peserta bebas untuk mengembangkan kreativitasnya untuk mengadopsi materi dan sumber lainnya. Namun pembahasan hasil diskusi kurang maksimal karena terbatasnya waktu. Sehingga diskusi kurang maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini pembelajaran daring perlu dukungan sarana dan prasarana yang memadai, agar pembelajaran dapat lebih efektif.