PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX.4 SEMESTER I SMP NEGERI 1 BANJARANGKAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  peserta didik kelas IX.4 SMP Negeri 1 Banjarangkan dalam Memahami Keunikan Gerak Tari Kreasi melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 (dua) siklus yang setiap siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Data kemampuan  peserta didik dalam memahami keunikan gerak tari puspawresti dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang terdiri dari dari dua sub kompetensi dan dibagi menjadi empat indikator. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar  peserta didik kelas IX.4 SMP Negeri 1 Banjarangkan dalam memahami keunikan gerak tari kreasi. Secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar seni tari  peserta didik terhadap tari puspawresti dari siklus I sebesar 76,6 dengan ketuntasan klasikal sebsar 71% ke siklus II sebesar 81,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan pemahaman   peserta didik terhadap seni tari sebesar 25%. Secara kualitatif kemampuan  peserta didik dalam memahami keunikan gerak tari puspawresti meningkat dari kualifikasi sedang ke tinggi. Dengan demikian, Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan pemahaman  peserta didik terhadap keunikan gerak tari kreasi   peserta didik kelas IX.4 SMP Negeri 1 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2019/2020.