PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kualitas hasil belajar dan belajar menulis puisi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan Classroom Action Research dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, kuesioner, dan analisis dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap dalam setiap siklus. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) metode pemetaan pikiran dapat meningkatkan kualitas belajar menulis puisi. Hal ini terlihat dari peningkatan ke aktif, perhatian, konsentrasi, antusiasme, dan keseriusan siswa dalam belajar (2) dengan menggunakan metode mind mapping keterampilan menulis puisi siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata penulisan puisi siswa. Skor rata-rata siswa yang menulis puisi dalam pra-aksi adalah 15,04, dan tingkat kelengkapan klasik adalah 43%. Pada siklus pertama meningkat menjadi 19,14, dan kelengkapan klasik adalah 67,8%. Pada siklus kedua meningkat menjadi 20,54, dan 85,7% kelengkapan klasik.