PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.2 SMP NEGERI 1 BANJARANGKAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa tentang perkembangbiakan tumbuhan dan hewan secara seksual dan aseksual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus yang setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi/evaluasi, dan 4) refleksi. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan tes. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif menunjukkan 1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan KK = 67,75% berkategori cukup aktif pada siklus I menjadi KK = 85,10% berkategori aktif pada siklus II dan 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 75.48 dan KK = 74% pada siklus I menjadi rata-rata 80.48 dengan KK = 87% pada siklus II. Dengan demikian, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa  kelas IX.2 SMP Negeri 1 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2019/2020.