MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI MEMBACA DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA SMP NEGERI 117 JAKARTA

Abstract

Penelitian ini dibuat karena melihat kenyataan di lapangan kurangnya minat peserta didik terhadap pelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca. Untuk itu peneliti menggunakan model think pair and share. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 117 Jakarta Timur yang berjumlah 35 orang. Tahapan siklus I dan siklus II masing-masing tiga kali pertemuan. Rata-rata nilai pada siklus I 74.85 namun ada 9 siswa yang nilainya di bawah KKM sehingga ketuntasan belajar masih 73.52%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai 79.71 terjadi peningkatan nilai 4.86 dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 80%,ada peningkatan 6.48%. Sementara aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 72.54% menjadi 79.98% pada siklus II sehingga terjadi peningkatan 7.44%. Hal ini sesuai dengan indikator keberhasilan lebih dari sama dengan 75%. Dari seluruh analisis data.dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia.