MEMBERSEMANTIK MAMPU WUJUDKAN SEKOLAH ROB BERPRESTASI DI TINGKAT NASIONAL
Abstract
Pelaksanaan, Proses dan Hasil Belajar Mengajar (PBM) merupakan suatu proses pengembangan potensi dan daya saing peserta didik. Proses tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan sikap (afektive), pengetahuan (kognitive), dan keterampilan (psicomotoric) yang menjadi bekal bagi dirinya untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Best prestice ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan best practice pada Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berbantuan Sistem Informasi Manajemen dan Pengembangan Aplikasi Android “Semantik” di SMK Negeri 2 Pekalongan dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja, memiliki daya saing global dan berprestasi di tingkat nasional. Dalam pengumpulan data best practice ini menggunakan studi kasus di mana data dikumpulkan melalui studi dokumentasi dan pengamatan partisipatif (participant observation), tahapan operasional menggunakan prinsip POAC atau Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Data diperoleh dari warga sekolah, seperti: kepala sekolah, wakil kepala sekolah,ketua kompetensi keahlian, guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan dunia kerja/ dunia industri pasangan. Hasil best practice menunjukkan bahwa penerapan membersemantik di SMK Negeri 2 Pekalongan mampu menghasilkan peserta didik yang berprestasi ditingkat nasional, siap kerja sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, berwirausaha dan memiliki daya saing global.