PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PROSES METABOLISME PADA SISWA KELAS XII IPA-1

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, dapat  meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi KD “menjelaskan proses metabolisme”  siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 Batanghari dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang. Latar belakang masalahnya adalah rendahnya hasil ulangan harian, aktivitas dan prestasi belajar mereka. Sebagian besar siswa seperti terlihat bengong dan sering melamun serta tidak fokus (kurang bergairah/memperhatikan), mengerjakan tugas pelajaran lain, bermain-main sendiri, berbicara dengan teman ketika dijelaskan, canggung berbicara/berdialog dengan teman waktu diskusi, dlsb. Berdasarkan data tersebut mengindikasikan adanya permasalahan serius dalam kegiatan pembelajaran yang harus segera dicarikan pemecahannya. Hasil diagnosis dengan rekan diketahuilah bahwa faktor-faktor yang diduga kuat menjadi penyebab timbulnya masalah, kurangnya kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok dan penggunaan pendekatan dan metode yang kurang tepat oleh  guru. Kelemahan lain: kurangnya kemandiri belajar, rendahnya minat baca, dll. Langkah dan upaya pemecahan masalah tersebut  maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dan 4 langkah kegiatan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi, dengan Pendekatan “Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions)”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang positif meningkat dan yang tidak relevan dengan pembelajaran menurun. Prestasi belajar dan ketuntatasan belajar telah melampaui batas kriteria pengujian hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian, sebagai syarat keberhasilan penelitian  tindakan ini.