EFEKTIFITAS PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PADA LATSAR CPNS DILINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI RIAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana efektifitas pembelajaran metoda ceramah yang dikombinasikan dengan model pembelajaran Window shopping dan Role Play terhadap mata pelatihan Etika Publik yang berada pada Agenda II (nilai-nilai ANEKA) pada Latsar CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau ( Kabupaten Rokan Hulu ). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas terhadap peserta CPNS Latsar yang berjumlah 40 orang (1 kelas) dengan latar belakang pendidikan S1 dan sebahagian S2. Data kemampuan peserta mata pelatihan Etika publik dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi berupa pre-test, komprehensif-test dan post-test yang terdiri dari satu kompetensi dan tiga sub kompetensi serta dibagi menjadi tiga indikator keberhasilan . Kombinasi model pembelajaran yang diberlakukan menggunakan kombinasi model pembelajaran ceramah interaktif, window shopping dan roleplay. Hasil analisis menunjukkan efektifitas kombinasi model pembelajaran pada pelatihan dasar CPNS dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau dengan hasil nilai post-test pada kelas C 95 % mendapat nilai memuaskan hingga sangat memuaskan