PENGAJARAN SHALAT FARDHU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III SEMESTER GANJIL SDN 011 BALIKPAPAN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan sebanyak dua siklus setiap siklus dilakukan tes tiap akhir pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 29 siswa dan obyek penelitian ini adalah model pembelajaran picture and picture.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi untuk mengetahui nilai dasar dan pengelompokan siswa, observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, teknik tes untuk mengetahui nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, presentase dan grafik. Yang bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran adalah peneliti, dan observator nya dalah teman sejawat yang merupakan guru senior dari kelas III. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi terjadi peningkatan hasil belajar tentang Shalat Fardhu kelas III SDN 011 Balikpapan Timur. Hal tersebut tampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. yaitu yaitu dari pra siklus dengan rata-rata 66,35 meningkat menjadi 71,03 pada siklus I kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,34, begitupun persentase ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus yang hanya 45% menjadi 62 % pada siklus I, kemudian siklus II menjadi 90 % siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar tentang shalat fardhu pada siswa kelas III SDN 011 Balikpapan Timur Tahun Pelajaran 2019/2020 Pengajaran Shalat Fardhu Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas III Semester Ganjil SDN 011 Balikpapan Timur Tahun Pelajaran 2019/2020