UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ASPEK AKHLAK DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN BERMAIN PERAN KELAS IV SD NEGERI 29 SUNGAI KAKAP

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek akhlak dengan metode demonstrasi dan bermain peran kelas IV. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Hasil penelitian adalah Hasil temuan penelitian yang diperoleh adalah: Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I aktivitas peserta didik  menunjukkan skor 74,7%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,1%, Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan metode demonstrasi dan bermain peran ini,  mereka menyatakan sangat menyenangkan,  tidak  jenuh  dan  mudah memahaminya, Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang tergambar dalam perolehan persentase. Perolehan nilai persentase pada siklus I adalah 36,7% dengan ketuntasan peserta didik berjumlah 11 orang, pada siklus II meningkat menjadi 80 % dengan ketuntasan peserta didik berjumlah 24 orang.