Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pembelajaran Materi Cerpen Kelas IX.5 MTS Negeri 3 Kota Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX.5 dalam memahami materi cerpen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaborasi  pelaksanaan melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Hasil belajar siswa pada tes awal masih tergolong rendah. Analisis data yang digunakan pada penelitian adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Pada tindakan pembelajaran siklus I sudah mengalami peningkatan, namun ketuntasan belajar klasikal belum tercapai, maka akan dilanjutkan dengan tindakan siklus II.Pada pelaksanaan siklus II  kemampuan siswa sudah tercapai. Hal ini dapat dilihat dari daya serap siswa pada siklus I = 49 % dengan ketuntasan belajar 80% yaitu 25 orang tuntas dari 36 siswa. Pada siklus II daya serap naik lagi menjadi 82% dengan ketuntasan belajar siswa mencapau 96% yakni 35 orang tuntas dari 36  siswa. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi cerpen.