IMPLEMENTASI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI QUR’AN HADIST PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI KELAS XI DI MAN KOTA KEDIRI 3

Abstract

Peserta didik merupakan individu individu yang berbeda dan memiliki karakteristik tertentu, hal ini terkadang belum disadari oleh beberapa guru sebagai pendidik. Oleh karena itu kebanyakan pendidik menggunakan metode yang cenderung sama dan pasif dalam membangun proses pembelajaran.Untuk itu perlu upaya mengembangkan beberapa metode pembelajaran agar tercapai hasil pendidikan yang maksimal. Penjabaran penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan penerapan metode everyone is a teacher here pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas XI. Metode ini didilakukan untuk peningkatan mutu kelas akselerasi di MAN 3 Kediri dengan memperhatikan data nilai tertinggi 88, nilai terendah 62, nilai rata-rata 78 dengan prosentase ketuntasan 63,15%. Dari 19 siswa yang tuntas belajar   mencapai 12 siswa dan tidak tuntas mencapai 7 siswa. Penerapan Metode everyone is teacher setidaknya dapat diketahui peningkatan daya serap atau penguasaan materi sesuai dengan ketuntasan maksimal sebagai berikut; siswa yang tuntas ada 17 siswa dan belum tuntas 2 siswa. Dengan nilai tertinggi 88, nilai terendah 74, dan nilai rata-rata 81,47. prosentase siswa yang tuntas 89,47%. Metode everyone is teacher dapat membantu memaksimalkan pembelajaran yang dilakukan sehingga capaian hasil proses belajar mengajar menjadi meningkat.