UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN MATA PELAJARAN BIOLOGI LINTAS MINAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Abstract

Model pembelajaran Make A Match dalam penelitan ini diterapkan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan minat belajar biologi, bagaimana meningkatkan prestasi belajar Biologi serta meningkatkan prosentasi pencapaian nilai KKM dalam materi jaringan mata pelajaran Biologi kelas XI IIS 1 MAN Wonogiri di tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tindakan siklus I dengan menerapkan model Make A Match indikator pencapaiannya masih belum sesuai harapan peneliti sehingga perlu ditindak lanjuti ke siklus II sebagai hasil refleksi dari siklus I. Penerapan model Make A Match dalam hal ini sudah terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa yang mana di siklus I minat belajar amat baik = 26,67%, baik = 50% dan cukup = 23,33%, sedangkan pada siklus II, minat  belajar amat baik = 53,33%, baik = 43,33% dan cukup = 3,33% sedangkan  prestasi belajar siswa juga dapat ditingkatkan, dari siklus I yaitu nilai terendah 43 menjadi 58 pada siklus II. Nilai tertinggi siswa dapat ditingkatkan dari 92 di siklus I menjadi 100 pada siklus II. Nilai rata-rata kelas dari siklus I yaitu 72,83 menjadi 87,5 pada siklus II. Dan ketuntasan belajar siswa dari 60% di siklus I menjadi 88,50% pada siklus II.