PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAYANI PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengambarkan tugas dan fungsi guru Bimbingan dan Konseling, dalam membantu kelancaran pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19.  Metode penelitian yang digunakan dalam kesempatan ini adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan menggali informasi dari berbagai sumber rujukan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis untuk kemudian menjadi dasar dalam membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian menegaskan peran guru bimbingan dan konseling dalam satuan pendidikan sangat urgen, karena merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan. Situasi dan kondisi pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh, menimbulkan berbagai benturan antara peserta didik dengan guru. Kehadiran guru bimbingan dan konseling bisa menjembatani antara guru mata pelajaran dan anak yang mengalami masalah belajar. Kenyamanan peserta didik dalam belajar akan menjadi penentu keberhasilan pengajaran. Rasa nyaman erat hubungannya dengan rasa percaya diri peserta didik. Kondisi ini menuntut kerjasama antara  kepala sekolah, guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling agar memberikan warna dalam keberhasilan pengajaran.