MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS IX B MTS NEGERI MASAMBA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pengajaran tuntas pada siswa kelas IX B MTs Negeri Masamba Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan model tindakan. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi penelitian ini adalah menggunakan seluruh siswa kelas IX B MTs Negeri Masamba Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I ( 66,67 %), siklus II (75,56 %) dan siklus III (86,67 %). Hasil nilai rata-rata penilaian belajar dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar pada setiap siklus yaitu siklus I  siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa dengan rata-rata nilai 74,28. Siklus II  siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa dengan rata-rata nilai yang dicapai 76,62. Siklus III semua siswa tuntas dengan rata-rata nilai 92,15. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran tuntas.