UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 182/I HUTAN LINDUNG
Abstract
Penelitian inibertujuan meningkatkan motivasi belajar siswapada mata pelajaran IPS di kelas V,SDn.182/I Hutan Lindung tahun 2017yang berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih kurangnya motivasi belajar siswa terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya di kelas V SDN. 182/I Hutan LindungDari hasil analisis data Motivasi belajar siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran Talking Stick, hal ini ditunjukkan dari hasil lembar pengamatan siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Terdapat peningkatan dari siklus I ke Siklus II dan sampai ke siklus III. yaitu berturut- turut 53,74%, 56,21%, dan 86,25%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan tercapai dengan kualifikasi sangat baik. Melalui penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V.Perbaikan di setiap siklus membuat aktivitas guru juga mengalami peningkatan.