UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MATRIKS MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI MAN 1 ACEH TIMUR

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Aceh Timur  pada Semester Ganjil tentang Matriks Melalui Model Pembelajaran Problem Solving”. Tujuan penelitian ini sebagai upaya meningkatkan hasil belajar konsep matriks melalui pembelajaran problem solving. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. IA1 MAN 1 Aceh Timur Tahun Pelajaran 2018/2019, sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dan hasil pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan matriks