MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MEMAHAMI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII-1 MTsN 6 ACEH BESAR MONTASIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar memahami kedudukan dan fungsi pancasila melalui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw pada siswa Kelas VIII-1 MTsN 6 Aceh Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian berjumlah 28 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar tes prestasi belajar, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang dilakukan oleh seorang sejawat selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan rumus persentase untuk menghitung jumlah siswa yang tuntas dan persentase aktivitas siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada kondisi awal, nilai rata-rata siswa adalah 54,82 dengan persentase ketuntasan belajar hanya 35,71%. Hasil penilaian pada Siklus I dan Siklus II menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar, yaitu sebesar 53,58% dan 85,71%. Peningkatan yang diperlihatkan siswa juga terjadi dalam aktivitas belajar. Pada siklus satu masih ada 2 aktivitas siswa yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II semua aktivitas siswa suda berada pada kategori baik atau sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar dalam mempelajari materi memahami kedudukan dan fungsi pancasila pada siswa kelas VIII-1 MTsN 6 Aceh Besar semester I tahun pelajaran 2019/2020.