PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DESAIN WADAH PEMBESARAN IKAN KELAS XII PERIKANAN SMK NEGERI 1 TANJUNG PALAS

Abstract

Pendekatan kontekstual (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran afektif, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan 3 siklus yakni Pra siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II juga dilakukan dengan 2 X pertemuan. Pada pra siklus, jumlah siswa belajar tuntas hanya mencapai 7 siswa dan nilai rata-rata hanya 63,42. Pada siklus I Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 21 siswa, nilai rata-rata mencapai 78,8 Pada siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 25 siswa, nilai rata-rata mencapai 84. Artinya Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Desain dan tata  letak wadah pembesaran dan bagian-bagiannya