EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PONOROGO
Abstract
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di lembaga pendidikan SMP Negeri 5 Ponorogo Jawa Timur , salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery . Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Pembelajaran yang aktif dan menarik sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kemauan dan konsentrasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. Di sisi lain hasil belajar peserta didik juga perlu untuk terus ditingkatkan dalam upaya memenuhi Kriteria Ketuntasan belajar klasikal . Hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus ini telah menunjukkan bahwa model Pembelajaran Discovery sangat efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terutama dalam Kompetensi Dasar Memahami Cara Berbakti dan Taat Kepada Orang Tua dan Guru pada Peserta Didik Kelas IX G SMP Negeri 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019 / 2020 . Hal ini didasarkan pada pengamatan proses pembelajaran yang mengalami peningkatan keaktifan peserta didik dari siklus-1 ke siklus-2 dan juga adanya peningkatan nilai hasil belajar peserta didik sehingga ketuntasan secara klasikal dapat tercapai dari siklus -1sebesar 76 % ke siklus – 2 sebesar 86% .