MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENDAMPINGAN MANAJERIAL DI SMA NEGERI 1 TANJUNG SELOR
Abstract
Data best practice yang diperoleh dari hasil observasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada siklus I, hasilnya termasuk katagori “baik” dengan rata-rata skor 6,75. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring sudah baik, akan tetapi perlu peningkatan. Sedangkan untuk kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada siklus II juga ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu: penilaian pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring berada pada katagori “sangat baik”. Dengan melihat hasil pada siklus II, maka refleksi terhadap hasil yang diperoleh penulis pada siklus II ini adalah adanya peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor yang diperoleh dalam pendampingan pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pra siklus : 4,1, siklus I : 6,75 dan siklus II : 10,75. Sedangkan dari jumlah guru, 100 % sudah mencapai kriteria yang ditetapkan..