PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah Observasi kelas dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian menggunakan seluruh siswa kelas VIIa SMPN 3 Bontobahari Kabupaten Bulukumba sebanyak 22 orang. Rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan penerapan pembelajaran berlangsung sangat baik. Hasil menunjukkan bahwa pada Surah Al Quraisy, dari 22 siswa, 18 siswa telah benar bacaan tajwidnya, untuk Surat Al Kautsar, 19 orang telah menguasai, dan untuk Surat Al Kaafirun, 20 siswa telah membaca dengan tajwid yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat penerapan metode tajwid dalam pembelajaran BTQ telah dilakukan dengan hasil yang memuaskan.