UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN BERNALAR MATERI TRIGONOMETRI MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA(LAS) PADA SISWA KELAS X TGB-D SMK N 2 WONOGIRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan bernalar materi Trigonometri melalui discovery learning berbantu lembar Aktivitas Siswa (LAS) bagi siswa kelas X TGB – D semester genap SMK N 2 Wonogiri. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode discovery learning berbantuan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) untuk meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan bernalar dan hasil belajar siswa materi Trigonometri pada siswa kelas X TGB – D SMK N 2 Wonogiri. Hasil dari penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut : peningkatan kepercayaan diri siswa dari prasiklus sebesar 53 % ke siklus 2 sebesar 67 %, peningkatan kemampuan bernalar siswa dari prasiklus sebesar 34 % ke siklus 2 sebesar 67 %, peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus sebesar 53 % ke siklus 2 sebesar 79 %. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode discovery learning berbantuan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dapat meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan bernalar dan hasil belajar siswa X TGB-D SMK Negeri 2 Wonogiri. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pemikiran untuk meningkatkat kepercayaan diri siswa, kemampuan bernalar dalam proses belajar mengajar sehingga prestasi belajar dapat pula ditingkatkan.