UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII MTSN 1 BAUBAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris melalui implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa Kelas VIII 3 MTs Negeri 1 Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Juni 2020 di Kelas VIII 3 MTs Negeri 1 Baubau dengan 2 siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa Kelas VIII 3 MTs Negeri 1 Baubau. Saat siklus I PTK terdapat sebanyak 80,95% siswa tuntas dan sebanyak 19,05% siswa belum tuntas. Terdapat peningkatan 47,62% siswa yang tuntas pada siklus I (dari 33,33% siswa tuntas saat sebelum PTK menjadi 80,95% siswa tuntas pada PTK siklus I). Saat siklus II PTK terdapat sebanyak 90,48% siswa tuntas dan sebanyak 9,52% siswa belum tuntas. Terdapat peningkatan 9,53% siswa yang tuntas pada siklus II (dari 80,95% siswa tuntas pada PTK I menjadi 90,48% siswa tuntas pada PTK siklus II).