MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SUNGAI LILIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 3 Sungai Lilin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab serta berperan penting dalam manajemen pemebelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi melalui perencanaan program jangka pendek dan jangka panjang. Melakukan pengorganisasian dan koordinasi kepada pendidik, tenaga pendidik dan peserta didik untuk dapat memanfaatkan pembelajaran berbasis TIK. Serta melakukan evaluasi untuk melihat manfaat dan kendala apa saja dari pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 3 Sungai Lilin. Hasil evaluasi menunjukkan manfaat yang dirasakan dari pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dari bermacam produk TIK yang sudah ada memberikan inovasi serta kemudahan dalam aktifitas sekolah terutama dalam aktifitas proses pembelajaran seperti, mempermudah pendidik/guru dalam mengelola manajemen kelas berupa pembuatan perangkat pembelajaran, silabus , RPP dan mengelola hasil nilai peserta didik. Serta dapat dijadikan sebagai salah satu inovasi sumber belajar bagi pendidik dan peserta didik. Kendala yang dirasakan dari pemanfaatan pembelajaran berbasis TIK mahalnya sarana prasarana TIK sehingga memerlukan perencanaan program jangka panjang untuk melengkapi sesuai standar sekolah berbasis TIK serta masih belom meratanya jaringan internet.