IMPLEMENTASI E-MENTORING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PEMULA DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN
Abstract
Tujuan Penelitian adalah melalui implementasi E-Mentoring dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat video pembelajaran di SMP Negeri Binaan Kecamatan Sekupang Kota Batam Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). penelitian ini telah dilaksanakan di 4 Sekolah binaan kota batam. Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara daring mengunakan bantuan jejaring sosial menggunkan WA, dan aplikasi Microsoft Foms, Teams dengan pelaksanaan dilakukan tanggal 13 Mei 2020 sampai tanggal 20 Juni 2020. Sabjek sasaran adalah guru pemula yang berjumlah 18 Guru Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah teknik observasi dengan instrument lembar observasi penilaian kompetensi guru pemula dalam membuat video pembelajaran. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil pelaksanaan dinyatakan bahwa E-Mentoring Video Pembelajarann dapat meningkatkan kemampuan guru pemula dalam menyusun video pembelajaran di SMP Binaan Kota Batam sebesar 84% dengan kategori baik.