PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SPEAKING SKILLS SISWA DI SMA NEGERI 02 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi dan keterampilan berbicara (speaking skills) siswa kelas XI pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi Provinsi Jambi. Sampel penelitian yang diambil yakni 125 siswa dari kelas XI IPA dan IPS. Data penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa, dan (2) pengaruhnya terhadap pembelajaran keterampilan berbicara (speaking skills) siswa kelas XI semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara bahasa inggris (speaking skills). (1) Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa (f hitung 5,050 dan p<0,050). (2) Berdasarkan perhitungan statistik uji hipotesis dengan nilai t = 54,077 dengan Sig. 0,000< 0,05 Hi diterima artinya terdapat pengaruh media pembelajaran video terhadap keterampilan bicara (speaking skills) siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar dan keterampilan bicara (speaking skills) siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi.