PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SPEAKING SKILLS SISWA DI SMA NEGERI 02 KOTA JAMBI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi dan keterampilan berbicara (speaking skills) siswa kelas XI pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi Provinsi Jambi. Sampel penelitian yang diambil yakni 125 siswa dari kelas XI IPA dan IPS. Data penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh  media pembelajaran video terhadap motivasi  belajar siswa, dan (2) pengaruhnya terhadap pembelajaran keterampilan  berbicara (speaking skills) siswa  kelas XI semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  tes keterampilan berbicara bahasa inggris (speaking skills). (1) Berdasarkan hasil  analisis, menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh  yang  signifikan  media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa (f hitung 5,050 dan p<0,050). (2) Berdasarkan perhitungan statistik uji  hipotesis dengan nilai t = 54,077 dengan Sig. 0,000< 0,05 Hi diterima artinya  terdapat pengaruh media pembelajaran video terhadap keterampilan bicara (speaking skills) siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar dan keterampilan bicara (speaking skills) siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi.