IMPLEMENTASI COACHING INDIVIDUAL UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat efektifitas supervisi akademik melalui Teknik Coaching individual guna meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama 16 Guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Kulon Progo. Aksi yang dilakukan melalui 4 tahapan, yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan perenungan (reflection). Tahapan action dan observation dilaksanakan secara bersamaan.  Penelitian ini berlangsung dalam dua (2) siklus sampai terjadi peningkatan atau tercapainya solusi permasalahan yang diangkat. Metode yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis dilakukan melalui tes pemahaman dan hasil produk unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coaching individual mampu meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan PTK. Hal ini dibuktikan  (1) hasil observasi dan angket menunjukkan tingkat partisipasi meningkat dan peserta merasakan senang mengikuti coaching  sebesar 100% (2) pemahaman konsep  tentang PTK meningkat dari sangat rendah menjadi 81.25%  Sangat baik. Hasil penilaian produk PTK di siklus I masih rendah setelah tindakan di siklus II naik secara signifikan menjadi sangat baik (93,75%), artinya 16 subjek GPAI mampu melaksanakan PTK dengan hasil yang maksimal (4) teknik coaching individual dapat dilaksanakan dengan mudah dan efektif. Kelemahan-kelemahan yang masih terjadi mampu diatasi pada coaching berikutnya.