JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI VERBAL DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta kemampuan berkomunikasi verbal pada peserta melalui penerapan jigsaw learning. Penelitian dilaksanakan di kelas X OTKP 1 SMK N 1 Depok dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi. Pengumpulan data kemampuan berkomunikasi verbal melalui observasi, meliputi menjelaskan materi, bertanya, menjawab pertanyaan, berpendapat, dan berdiskusi. Data hasil belajar berupa nilai pre-test dan pos-test setiap siklus. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal dan  prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik setelah  penerapan pembelajaran dengan jigsaw learning . Peningkatan ini  nampak pada hasil observasi, pre-test maupun pos test pada tindakan siklus I, dan siklus II. Data perkembangan peningkatan kemampuan berkomunikasi verbal peserta didik dapat dilihat dari rata-rata  keaktifan peserta didik pada masing-masing siklus, yakni dari 16,11% menjadi 46,67%. Prestasi hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 rata-rata hasil belajar 74,31 menjadi 85,97 pada siklus 2. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 55,56% pada siklus 1 menjadi 86,11% pada siklus II.