PENINGKATAN KOMPETENSI PENYUSUNAN RPP MELALUI TINDAKAN IHT (IN HOUSE TRAINING) BAGI GURU SMAN 7 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui tindakan In House Training (IHT) di SMA Negeri 7 Kerinci Provinsi Jambi. 2) mengetahui langkah peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dengan melaksanakan IHT di SMA Negeri 7 Kerinci. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah guru SMA Negeri 7 Kabupaten Kerinci sebanyak 36 dari 39 guru yang ada, baik PNS maupun Honorer. setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) IHT dapat meningkatkan kompetensi guru SMA Negeri 7 Kerinci dalam menyusun RPP. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketercapaian kompetensi guru dari sebesar 65,50 pada kondisi awal, menjadi sebesar 73,25 pada akhir tindakan Siklus 1, dan meningkat menjadi 82,25 pada tindakan Siklus II. 2) Langkah-langkah pelaksanaan IHT guna meningkatkan kompetensi profesional guru dalam Menyusun RPP di SMA Negeri 7 Kerinci sebagai berikut: (a) Sosialisasi tindakan IHT mengenai penyusunan RPP bagi guru; (b) Mempersiapkan materi bimbingan berupa pelaksanaan pembelajaran disertai simulasinya; (c) Mempersiapkan instrumen IHT; (d) Melaksanakan tindakan IHT; dan e) Melaksanakan pengamatan di kelas saat dilaksanakan tindakan pembelajaran oleh guru.