PENGGUNAAN BEBERAN CHARTA UNTK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan beberan charta dalam pembelajaran pada siswa SMP. Subyek penelitian adalah 26 siswa kelas VIII-C SMPN 2 Baureno Bojonegoro. Pada umumnya siswa dalam belajar hanya membaca tanpa memahami isi pelajaran. Mereka kurang terlatih untuk berfikir, menyampaikan ide dan memecahkan masalah. Pada setiap kegiatan pembelajaran IPA siswa cenderung pasif, kurang bersemangat dan sulit untuk aktif bertanya maupun menyampaikan pendapatnya serta kurang bertanggung jawab terhadap tugasnya. Dalam pembelajaran tampak motivasi siswa saat belajar IPA masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang prosedur pelaksanaannya mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan yang umum. Prosedur tersebut merupakan suatu proses siklus atau daur ulang, yang dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus pertama dan siklus kedua, semua indikator mengalami peningkatan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan.