PENERAPAN MEDIA VIDEO DENGAN MODEL E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS III MI NU 33 JOHOREJO KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatan hasil belajar Tematik melalui model e-learning dengan media video pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Hal ini dikarenakan guru hanya memberi tugas seperti mencatat dan membaca tidak menjamin siswa akan belajar di rumah. Pemberian tugas tanpa adanya materi pembelajaran yang disampaikan guru menyebabkan hasil belajar Tematik masih terbilang rendah atau masih dibawah KBM yaitu 75. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa penerapan model e-learning dengan media video dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus tediri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Jumlah siswa 29 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar Tematik pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Dilihat dari hasil Pra siklus siswa yang tuntas KBM hanya 14 siswa (48,3%), dan 15siswa (51,7%) yang belum tuntas. Pada siklus I terdapat 24 siswa (82,8%) yang tuntas dan 5 siswa (17,2%) yang belum tuntas, dan pada siklus II terdapat 26 siswa (89,7%) yang tuntas dan terdapat 3 siswa (10,3%) yang belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini di hentikan di siklus II karena telah mencapai kriteriaketuntasan klasikalyaitu ? 85% dari jumlah seluruh siswa tuntas belajar dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Tematik pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2019/2020.