UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK SISWA MTSN 1 BAUBAU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar Aqidah Akhlak melalui metode Cooperative Script untuk siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yakni siklus I siklus II dan siklus III. Subjek penelitian adalah 26 orang siswa kelas VIII 1 MTs Negeri Baubau tahun pelajaran 2019/2020. Setelah dilakukan penelitian di kelas VIII 1 MTs Negeri Baubau, hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script mengalami peningkatan, yaitu pra siklus rata- rata 72,8 dengan ketuntasan 44%, siklus I rata-rata 81,6 dengan ketuntasan 72%, siklus II rata-rata 96 dengan ketuntasan 96%, dan siklus III rata-rata 96,8 dengan ketuntasan 100 %. Dengan demikian, metode pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 1 MTs Negeri Baubau semester genap tahun pelajaran 2019/2020.