PEMBELAJARAN ENGLISH VOCABULARY BAGI MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN STTL MATARAM TAHUN AKADEMIK 2020-2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan pemahaman dalam pembelajaran kosakata (vocabulary) pada mahasiswa program studi Teknik Lingkungan STTL Mataram tahun akademik 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development yang dalam hal ini dilakukan pada 20 orang mahasiswa semester II program studi Teknik Lingkungan. dalam pembelajaran kosakata (vocabulary) yang tertera pada sebuah teks bacaan yang berjudul Industrial Wastewater Treatment and Its Problems. Hasil penelitian ini adalah pemerolehan nilai A (excellent) yang pada awal pembelajaran hanya 3 orang meningkat menjadi 5 orang. Terjadi peningkatan dari 15% menjadi 25%. Nilai B (good) dari awal 7 orang menjadi 10 orang. Hal ini berarti bahwa peningkatannya dari 35% menjadi 50%. Sehingga, nilai C (poor) mengalami  penurunan dari 10 orang menjadi 5 orang (50% menjadi  25%). Dengan bertambahnnya mahasiswa yang memperoleh nilai A sebanyak 10%, nilai B sebanyak 15%, dan berkurangnya nilai C sebanyak 25%, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran kosakata (vocabulary) bahasa Inggris.