PERUBAHAN GAYA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pembelajaran Jarak Jauh dimulai seiring meningkatnya pandemi covid-19, mengiikuti kebijakan yang diatur oleh pemerintah. Akibat dari salah satu kebijakan tersebut adalah berubahnya cara belajar siswa dan cara mengajar guru. Perubahan tersebut juga membuat perubahan gaya belajar. Literature review ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa serta mencari kesamaan pandangan terhadap perubahan gaya belajar siswa dan guru selama masa pandemi, serta dapat memberikan kontribusi keilmuan di masa mendatang. Menggunakan desain literature review dengan artikel dan jurnal yang terbit pada rentang waktu bulan Juni 2020 sampai dengan Desember 2020. Dari 5 artikel terpilih dan telah dianalisa di dapat hasil bahwa pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 membawa perubahan gaya belajar siswa. Ada perubahan gaya belajar positif dimana siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, ada juga perubahan negatif dimana terjadi penurunan motivasi belajar siswa. Pendidik (guru dan dosen) adalah kunci utama sebagai penentu perubahan gaya belajar di masa pandemi covid-19 ini dan dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. Disamping itu teknologi juga perlu terus ditingkatkan kualitasnya sebagai sarana terpenting yang mendukung proses tersebut. Pemerintah diharapkan tidak menutup mata terhadap masalah yang terjadi terkait dengan teknologi sebagai sarana pendukung pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh.