PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI MAKNA ALINEA PEMBUKAAN UUD 1945 KELAS IX.C SMP NEGERI 10 SURABAYA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Didalam aktifitas belajar mengajar, terdapat beberapa masalah yang mempengaruhi capaian kompetensi siswa didalam pembelajaran PPKn, seperti kurangnya konsentrasi siswa saat proses belajar mengajar, pasifnya partisipasi siswa, dan juga kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar PPKn. Oleh karena itu dibutuhkan kreatifitas seorang guru dalam menyusun dan menerapkan model pembelajaran yang mampu menarik siswa dalam belajar. Salah satu metode yaitu Make A Match yang menggunakan kartu berisikan pertanyaan dan jawaban. Penelitian ini menggunakan metode penilitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran Make A Match dikelas IX C SMP Negeri 10 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus II, kompetensi pengetahuan siswa memperoleh rata-rata 85,5 yang melampaui batas indikator yaitu 78. Rata-rata skor pada kompetensi sikap siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan sampai 3,4. Rata-rata skor pada kompetensi keterampilan siswa meningkat sampai 89,1. Dari hasil data siklus II menunjukkan penerapan dari model pembelajaran Make A Match sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran PPKn.