ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN E-LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MA QAMARUL HUDA
Abstract
E-Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa, namun ketika pengunaan e-learning terlalu sulit kemungkinan siswa tidak mampu belajar secara maksimal, begitu pula ketika banyaknya data yang harus disampaikan tetapi adanya kendala teknis seperti jaringan yang lambat dan kurangnya sarana dan prasarana pendukung yang dimuliki siswa tentu saja dapat menjadi penghambat aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika dengan menggunakn e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MA Qamarul Huda yang berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpaulkan data adalah instrument angket respon siswa yang disebar meggunakn Google form yang berjumlah 31 item. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata pencapaian respon siswa mengenai kesulitan belajar menggunakan e-learning terhadap pemahaman konsep matematika yaitu 75% dengan nilai pencapaian terendah yaitu pelaksanaan interaksi, tugas dan bahan ajar sebesar 73% dan indikator yang paling tinggi dicapai siswa yaitu kendala teknis signal dan ketidak mampuan dalam belajar mengunakan e-learning sebesar 77%.