MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN TEKS REPORT SISWA KELAS 9A SEMESTER GENAP SMPN 17 JAKARTA TAHUN 2019/2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa materi membaca pemahaman teks report, minat baca  yang  rendah,  aktivitas  membaca  teks  berbahasa  Inggris  kurang,  dan  kurangnya  motivasi siswa  untuk  membaca  teks  berbahasa  Inggris, serta metode  pembelajaran  yang  diterapkan  guru kurang menarik.. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas yaitu untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks report dan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa  kelas 9A  SMPN 17 Jakarta. Penelitian dilaksanakan di kelas 9A SMPN 17 Jakarta selama satu bulan yaitu mulai 8 Februari 2020  sampai dengan tanggal 21 Maret 2020. Subjek penelitian kelas 9A  yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Hasil dari penelitian disimpulkan 1)Penerapan model pembelajaran discovery learning ternyata mampu meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks report. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus 1 hingga siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar membaca pemahaman teks report menggunakan model discovery Learning. Nilai rata-rata hasil belajar membaca pemahaman teks report pada pra siklus adalah 73,94 meningkat menjadi 77,29  pada siklus I dan 83,71 pada siklus II. Jumlah siswa tuntas pada pra siklus ada 48,6%, meningkat menjadi 71,4% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 91,4% pada siklus II. 2) Telah terjadi perubahan perilaku aktivitas belajar yang signifikan pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus 1 siswa yang aktif 65,7%, pada siklus II terjadi peningkatan, yakni mencapai 94,3%.