PENGARUH MANAJEMEN SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU TERHADAP PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MTsN 8 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh manajemen sarana dan kompetensi profesionaltas guru terhadap penerimaan siswa baru, dimana sebelumnya diidentifikasi secara parsial, baik pengaruh manajemen sarana maupun pengaruh kompetensi profesionalitas guru terhadap penerimaan peserta didik baru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data kuantitatif formula statistika yang digunakan adalah rumus persamaan regresi linear berganda, karenavariabel bebas pada penelitian ini adalah ganda atau dua. Akhirnya, penelitian ini menemukan sebuah kesimpulan bahwa secara simultan manajemen sarana prasarana dan kompetensi profesionalitas guru berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan peserta didik baru dengan hasil uji F sebesar 145,0 yang dikonsultasikan kepada F-tabel, F-tabel 145 > 3,33. Adapun Sarana prasarana pengaruh secara signifikan terhadap penerimaan peserta didik baru dengan pembuktian uji t, dimana r hitung lebih besar dari pada r tabel 0,385 > 0.339. Begitu juga kompetensi profesionalitas guru berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan peserta didik baru dengan hasil uji tsebesar 7,373 > 0.339. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa managemen sarana prasarana dan kompetensi guru sangat berpengaruh terhadap penerimaan peserta didik baru MTsN 8 jombang tahun pelajaran 2019-2020.